Rumah tentu menjadi salah satu kebutuhan pokok hampir setiap manusia. Sebagai tempat berlindung dan istirahat, rumah juga menjadi tempat untuk memulai kegiatan di setiap harinya, menjadi tempat untuk saling bercengkrama satu sama lain dengan keluarga dan menjadi salah satu sumber investasi yang menjanjikan. Terlepas dari fungsi rumah yang beragam tersebut, kenyamanan tempat tinggal menjadi 1 faktor pertimbangan besar bagi setiap keluarga. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk “mempernyaman” rumah tinggal mereka.

Proyek perbaikan rumah biasanya dimulai dari pertanyaan “pasti nyaman jika….”dan akan berujung pada keinginan untuk merenovasi dapur atau menambah jumlah ruangan untuk setiap anggota keluarga. Permasalahan pun kemudian timbul, terkadang dalam mewujudkan keinginan tersebut, kita menghadapi berbagai macam kendala, terutama dalam hal finansial, keterbatasan ruang, dan minimnya referensi bahan dan alat yang berkualitas.

Apa yang sebaiknya kita lakukan?sebenarnya jawaban kembali ke keputusan masing-masing orang yang tentu punya maksud yang berbeda-beda dalam mengupgrade rumahnya. Untuk hasil yang lebih memuaskan, berikut referensi mengenai pertimbangan dalam merenovasi rumah agar lebih efektif sesuai kebutuhan.

  1. Memperbarui sesuatu yang sudah kadaluarsa/rusak

Contoh yang paling mungkin terjadi adalah warna tembok yang mulai kusam termakan usia. Mungkin 10 tahun lalu, tembok tersebut masih sangat menawan, namun karena berbagai macam aktivitas fisik yang menimpa tembok tersebut membuat pertimbangan cat ulang menjadi penting. Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana kita memilih cat tembok yang berkualitas, sangat dianjurkan menggunakan bahan yang kedap air untuk mengindari kelembapan yang berakibat pada munculnya lumut dan jamur, opsi menggunakan Cat Epoxy menjadi salah satu yang terbaik, karena sifat resisten terhadap berbagai macam gangguan fisik yang tinggi membuat lapisan tembok anda menjadi lebih tahan lama.

  1. Kebutuhan mendesak untuk mengganti perlengkapan semi-permanen yang rusak atau kurang efisien.

Beberapa proyek renovasi rumah tumbuh dari kebutuhan untuk mengganti perlengkapan semi-permanen yang rusak atau kurang efisien seperti penempatan wastafel yang kurang baik, penempatan keran air yang tidak efektif, atau kebocoran pada saluran pembuangan. Mengganti perlengkapan semi-permanen artinya mengubah sedikit banyak tatanan rumah anda. Sebaiknya lakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum memulai renovasi anda, karena memindahkan perlengkapan yang satu akan mempengaruhi letak perlengkapan lainnya.

  1. Investasi jangka panjang

Tidak sedikit diantara pemilik rumah yang habis-habisan memperbaiki/mempercantik rumahnya untuk dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Untuk pertimbangan memperbaiki kerusakan, sudah menjadi hal yang sangat urgent bagi pemilik rumah sebelum memasarkannya ke calon pembeli. Sementara dalam hal mempercantik rumah, sebaiknya anda membuat perencaan yang matang untuk hal tersebut agar keuntungan dari penjualan rumah anda bisa maksimal

  1. Kebutuhan keluarga yang terus berkembang

Setiap rumah tangga pasti akan menghadapi permasalahan kurangnya kamar yang tersedia untuk semua anggota keluarga atau sempitnya ruang tengah untuk sekedar bercengkrama diwaktu senggang. Opsi pindah dalam kasus ini terbilang cukup efektif, namun bagi rumah yang memiliki tatanan yang kurang efektif atau ruang yang masih memungkinkan untuk diperbaiki, maka opsi renovasi adalah pilihan yang terbaik. Namun perlu diperhatikan, bagaimana perencanaan tata rumah anda dan estimasi perkembangan keluarga agar renovasi lebih efektif.

Secara spesifik, ada banyak kasus atau alasan untuk mengambil tindakan merenovasi rumah, namun secara umum semuanya telah dijelaskan di beberapa poin diatas. Intinya adalah, lakukan perencanaan yang baik sebelum mengambil tindakan merenovasi rumah, pertimbangkan segala aspek penting, seperti keuangan, ruang/space, estimasi perkembangan keluarga, dll. Pemilihan material bangunan juga mengambil peran vital dalam hasil akhir yang memuaskan, pilihlah bahan-bahan yang relatif kuat dan tahan lama, dalam hal pemilihan cat, kami sangat menyarankan untuk memilih Cat Epoxy untuk melapisi tembok atau lantai rumah anda, selain sifatnya yang tahan lama, nilai estetika yang dihasilkan cat tersebut dijamin akan memberikan nilai tambah untuk rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *