Jenis Lantai Epoxy

Lantai epoksi adalah jenis lapisan permukaan yang akan melindungi lantai beton dari keausan dan keausan yang konstan. Epoxy terbuat dari kombinasi bahan kimia pengerasan cair dan resin polimer cair. Setelah kedua digabungkan mereka dituangkan di atas lantai yang ada atau bahan dasar untuk menciptakan lapisan pelindung. Meski lantai epoxy umumnya di terapkan pada lantai beton , namun dalam beberapa kasus juga bisa digunakan di lantai yang terbuat dari kayu. Anda bahkan bisa memiliki lantai yang seluruhnya terbuat dari epoxy.

Jenis lantai ini sangat populer digunakan untuk aplikasi industri. Alasannya adalah bahwa lapisan epoxy mampu menciptakan jenis permukaan yang tahan terhadap kerusakan dan keausan lantai industri dan banyaknya tumpahan kimia.

Kontraktor untuk lantai semacam itu juga bisa mencampur kerikil warna, pasir, dan plastik keras lainnya dengan epoxy untuk memberi daya tarik ke lantai. Jenis pasir yang paling sering digunakan adalah pasir kuarsa. Menggunakan pasir ini akan membantu menciptakan lantai menjadi nonslip, Selain itu banyak lantai epoxy memiliki sifat anti-statis yang digunakan di bidang manufaktur elektronik atau laboratorium dimana muatan listrik dapat merusak peralatan elektronik yang sensitif.

Banyak yang berpikir bahwa jenis lantai ini memiliki warna terang namun secara garis besar warna lantai sebenarnya buram. Pigmen kemudian bisa dicampur dengan epoxy untuk menciptakan warna buram yang padat untuk aplikasi rumah dan industri. Untuk membuat lantai epoxy marmer, pabrikan bisa mencampur partikel besar atau kerikil plastik dengan warna kontras. Sebagian besar epoxy warna ini digunakan di garasi rumah pribadi. Epoxy juga bisa digunakan untuk membuat logo di lantai dalam aplikasi industri. Jenis lantai epoxy ini disebut epoxy terrazzo, epoxy mortar, atau epoxy kerikil.

Meskipun lantai epoxy umumnya ditemukan di industri dan bangunan umum, beberapa waktu belakangan ini mulai menjadi lebih populer di rumah hunian. Untuk setiap ruangan di rumah ada berbagai jenis aplikasi epoxy. Mulai dari pengaplikasian pada pintu masuk, kamar mandi, atau dapur. Dalam penerapannya pada rumah hunian, ada beberapa jenis ubin yang bisa dibuat dari epoksi. Ubin ini sangat bagus untuk area rumah yang ramai dikunjungi. Pemilik rumah juga bisa memilih lapisan epoxy yang bening yang bakal diaplikasikan di atas lantai kayu yang telah terpasang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *